Robot Ikan Untuk Pendeteksi Polusi Air

Anda percaya kalau gambar disamping merupakan robot? ya itu adalah robot ikan. Tim peneliti dari Inggris telah melakukan penelitian dan membuat sebuah robot ikan yang bertujuan untuk mendeteksi polusi air.

[Image: robotikan.jpg]

Robot ini merupakan robot yang pertama dan masih diuji. Untuk tahap awal robot ini akan dilepaskan di wilayah laut Utara Spanyol, tepatnya di pelabuhan Gijon, Spanyol.

Jika penelitian ini sukses, robot ikan yang memakan biaya 29.000 US $ (atau sekitar 330 juta-an) dalam pembuatannya, diharapkan dapat digunakan di beberapa perairan lain seperti sungai dan danau untuk mendeteksi polusi atau keberadaan polutan yang ada di perairan tersebut.

Robot ikan ini dibuat sebisa mungkin mirip dengan ikan nyata, yang dilengkapi dengan ekspresi dan pergerakan layaknya ikan nyata. Pada ikan ini telah dilengkapi dengan sensor yang mampu mendeteksi keberadaan polutan, misalnya seperti kebocoran pipa minyak di bawah laut.

Bila robot ini mendeteksi sesuatu yang berbahaya, selanjutnya robot ini akan mengirimkan tanda dengan menggunakan teknologi Wi-Fi.

Uniknya robot ini mampu bergerak secara independen tanpa menggunakan remote yang dikontrol oleh manusia. Wah hebat ya? Dan tau ngga ukuran panjang robot ini? Robot ini memiliki panjang 1,5 meter, jadi jangan dibayangkan seperti ikan kecil. Jadi, kira2 ukuran robot ikan ini sebesar anak SMP mungkin ya?

sumber: http://paperless-media.blogspot.com/2009…http://paperless-media.blogspot.com/2009/03/robot-ikan-untuk-pendeteksi-polus

Satu Tanggapan

  1. as wah mati mag sama seperti saya dong panjangnya tp saya lebih 8cm he he he mantep tu kapan ya saya bisa buat seperti itu………???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: